Umroh Syawal 2023

Umroh Bulan Syawal​

Bulan Syawal adalah salah satu dari 12 bulan dalam kalender Islam yang biasanya terjadi setelah bulan Ramadhan.

Bulan Syawal merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan keberkahan karena di bulan tersebut terjadi beberapa peristiwa penting dalam sejarah Islam, seperti kembalinya Nabi Muhammad SAW dari Mi’raj dan wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Bulan Syawal juga merupakan bulan dimana orang-orang Muslim biasanya saling bertemu dan berkumpul untuk merayakan Idul Fitri, serta melakukan pengajian dan kegiatan keagamaan lainnya dengan lebih intensif.

Keistimewaan Umroh di Bulan Syawal

umroh syawal
  1. Bulan Syawal merupakan bulan di mana Nabi Muhammad SAW kembali dari Mi’raj, yaitu peristiwa di mana Nabi Muhammad SAW diberi wahyu oleh Allah SWT dan diajak naik ke langit ke tujuh.
  2. Bulan Syawal juga merupakan bulan di mana Nabi Muhammad SAW wafat, sehingga bulan tersebut dianggap sebagai bulan yang penuh dengan berkah dan keberkahan.
  3. Bulan Syawal merupakan bulan setelah bulan Ramadhan, sehingga orang yang telah berpuasa selama satu bulan dianggap sudah memiliki kekuatan spiritual yang lebih besar.
  4. Bulan Syawal juga merupakan bulan dimana orang-orang Muslim biasanya saling bertemu dan berkumpul untuk merayakan Idul Fitri.
  5. Bulan Syawal juga merupakan bulan dimana orang-orang Muslim biasanya melakukan pengajian dan kegiatan keagamaan lainnya dengan lebih intensif.

baca juga : Umroh Ramadhan 2023

Bisakah Umroh dibulan Syawal ?

Ya, seseorang bisa melakukan umroh pada bulan Syawal jika sudah memenuhi syarat-syarat untuk melakukan umroh dan sudah mempersiapkan semua kebutuhan dan dokumen yang diperlukan.

Namun, sebelum melakukan umroh pada bulan Syawal, seseorang harus memperhatikan beberapa hal, seperti memilih jadwal umroh yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi fisiknya, menyiapkan dana yang cukup untuk menutupi biaya umroh, dan mempersiapkan diri secara mental dan rohani.

Tidak ada keutamaan khusus yang diberikan Allah SWT bagi orang yang melakukan umroh pada bulan Syawal. Setiap orang yang melakukan umroh dengan ikhlas dan tulus, tidak peduli kapan waktunya, akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Baca Juga  Tata cara, rukun umroh, dan syarat wajib saat melaksanakan umroh

Namun, bulan Syawal sendiri memiliki keutamaan tersendiri karena merupakan bulan di mana Nabi Muhammad SAW kembali dari Mi’raj. Selain itu, bulan Syawal juga merupakan bulan dimana Nabi Muhammad SAW wafat, sehingga bulan tersebut dianggap sebagai bulan yang penuh dengan berkah dan keberkahan.

Oleh karena itu, orang yang melakukan umroh pada bulan Syawal juga akan mendapatkan keberkahan yang lebih banyak, sehingga ibadah umroh yang dilakukannya akan lebih diterima oleh Allah SWT.

✅ Terakeditasi A✅ Kereta Api Cepat
✅ Maskapai Direct✅ Album Photo
✅ Sesuai Syariat✅ Mutowif Expert
✅ Full Bimbingan✅ Bus Terbaru
✅ Fast Track Imigrasi✅ Manasik Di Hotel
✅ Pakai Radiophone✅ Tabungan Umroh

Kenapa Jejak Imani


Umroh dibulan Syawal

Umroh adalah ibadah haji yang dilakukan oleh umat Islam. Bulan Syawal adalah salah satu dari 12 bulan dalam kalender Islam yang biasanya terjadi setelah bulan Ramadhan.

Tidak ada aturan khusus tentang melakukan umroh pada bulan Syawal, sehingga seseorang bisa melakukan umroh pada bulan tersebut sesuai dengan kemampuan dan kesediaannya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika seseorang ingin melakukan umroh pada bulan Syawal, di antaranya:

  1. Pastikan bahwa seseorang sudah memenuhi syarat-syarat untuk melakukan umroh, seperti sudah berusia dewasa, sehat jasmani dan rohani, serta sudah memiliki paspor yang masih berlaku.
  2. Pilih jadwal umroh yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi fisik seseorang. Misalnya, jika seseorang sudah lanjut usia atau memiliki kondisi kesehatan yang membutuhkan perhatian khusus, maka dia harus memilih jadwal umroh yang tidak terlalu padat dan tidak terlalu panas.
  3. Persiapkan semua kebutuhan dan dokumen yang diperlukan untuk melakukan umroh, seperti paspor, visa, surat keterangan sehat, dan lain-lain.
  4. Siapkan dana yang cukup untuk menutupi biaya umroh, termasuk biaya penerbangan, akomodasi, makanan, transportasi, dan lain-lain.
  5. Sebelum melakukan umroh, seseorang juga harus mempersiapkan diri secara mental dan rohani dengan beribadah secara rutin, memperbanyak membaca Al-Quran, dan berusaha menjadi orang yang lebih baik.
  6. Selama melakukan umroh, seseorang harus menjaga ketaatan kepada Allah SWT dan menjalankan semua ibadah yang dianjurkan dengan ikhlas dan tulus.

Dokumen yang harus disiapkan antara lain:

  • KTP
  • Passport Aktif minimal 8 bulan dan terdiri dari 2 suku kata
  • Kartu Keluarga
  • Akta Lahir (untuk anak dibawah 17 tahun)
  • Surat Nikah
  • Pasphoto 4×6
  • Surat Meningitis Aktif
  • Mengisi Formulir Umrah yang disediakan Jejak Imani

1 thought on “Umroh Syawal”

  1. Pingback: Paket Umroh Desember 2023 » Tanggal Sudah Confirmed!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *